ANALISIS FILM DRAMA “hey JOE” a film by Matanesia

WTNN-RB-RANOVSISKA :

ANALISIS FILM DRAMA “Hey JOE” a film by matanesia

ASSALAMUALIKUM WR.WB

Salam Mahasiswa ,,,!!!
Salam kreativitas ,,, !!!
Salam perfilman indonesia ,,, !!!

Sebuah karya film dengan  judul  “Hey JOE” yang memiliki karakter  kuat , telah berhasil di produksi oleh MATANESIA, MATANESIA sendiri adalah salah satu tim produksi  angkatan kelas produksi non berita yang di bimbing oleh dosen yang  sangat kompeten , yaitu :  Mrs. Siti Nur Aisyiyah , Selain kelas produksi  Mrs . Siti Nur Aisyiyah juga sebagai dosen di kelas tehnik penulisan naskah non berita, dalam hal ini, Mrs. Siti Nur aisyiyah memberikan tugas kepada kami mahasiswa di kelas tehnik penulisan naskah non berita untuk menganalisa film drama karya tim produksi matanesia  yang berjudul “Hey JOE”,
maka dengan tanpa mengurangi rasa hormat , ijinkan saya untuk mencoba menganalisa film  Drama “Hey JOE” agar memenuhi tugas saya sebagai mahasiswa di kelas tehnik penulisan naskah non berita .
Berikut  Analisis  saya :

TEMA : Drugs n love
ANALISIS IDE : Plot utama dari film ini sebenernya sudah banyak di pakai, namun cast talent yang harus benar – benar mahir di bidang music bergaya rock n roll dan hippies membuat karakter  joe menjadi sangat kuat, di tambah scene live perform kedua band joe yang beraliran reaggae dan rock n roll memberikan  penjelasan bahwa ide ini  kondisional namun di garap menjadi suatu yang sangat inovatif,

ANALISIS KONSEP : konsep flashback dari anak joe yang melihat foto ayah dan ibunya lalu timbul  illustrasi kehidupan dahulu joe sewaktu masih muda dengan keseharian bersama band dan mengkonsumsi narkoba membuat alur cerita menjadi lebih variatif dan tidak monoton,namun di sini tidak di ada scene yang menjelaskan bagaimana posisi band joe.
ANALISIS ARTISTIK  : Artistik dalam film joe ini sangat lah menjadi bagian yang penting , di mana pemilihan setting dan lokasi (café, pelabuhan , kamar berantakan, kuburan di tengah taman ,jalanan, balcon campus,) mencerminkan kehidupan remaja rock n roll begitu bisa kita rasakan saat menonton film ini, namun pada bagian lokasi shoot di kamar seharusnya di tambah beberapa poster – atau foto artist rock n roll dan reaggae yang mencerminkan jati diri dari tokoh utama, dan pada saat scene di kamar untuk menghidupkan suasana seharusnya anglecam : est ke beberapa poster dan hal yang bisa mencerminkan kehidupan rock n roll.dan pengambilan anak laki – laki joe yang bermain biola itu adalah juaranya karena sangat contunity dengan apa yang di inginkan joe  yaitu  mempunyai anak yang bisa main biola. Saya sangat suka dengan ide ini.

ANALISIS AUDIO :  jenis audio yang di pakai :

  • Filter slight : adegan percakapan telpon
  • Narration : Off screen narrator à  (tidak terlihat)
  • Back sound : music bergenre reaggae dan rock n roll

Pada narration joe sedang membaca sebuah puisi tidak begitu jelas , dan di beberapa scene banyak timbul noise, namun jika secara keseluruhan dengan di sadari dengan alat – alat teknis yang seadanya , ini adalah suatu hasil yang sangat bagus.

ANALISIS VISUAL : jenis pengambilan gambar yang di pakai :

Jenis Pengambilan gambar  dalam film ini

  • The deskriptif Sintagma (urutan menggambarkan satu saat).
  • The bracketing syntagm (montage of brief shots)
  • The Sintagma (dua sekuens bergantian)
  • The paralel Sintagma (montase dari motif)

Pengambilan gambar konvensional (size shoot ):

  • · Long shot à diambil penuh, diberi sedikit space kosong
  • · Medium full shot à ¾ objek : lutut ke atas
  • · Full shot à seluruh badan.
  • · Extreme close up à Spesifik; mata, mulut

Selain itu juga banyak angle yang variatif ,dalam hal pengambilan gambar  bisa di bilang perfect di kelas mahasiswa.

LIGHTING : Banyak setting tempat yang pencahayaan nya kurang, namun hal ini bisa sangat di wajarkan untuk sekelas produksiindependent mahasiswa.
ANALISIS EDITING :

  • Dip to black – biasanya di gunakan untuk transisi saat pergantian waktu dalam minimal hitungan hari
  • Pemakaian latar layar  dengan format widescreen membuat film ini terlihat seperti film – film layar lebar
  • Seharusnya di lakukan color correction biar nuansa gambar lebih art, credit title dengan backsound yang pas di awal dan akhir, keseluruhan editing simple namun tidak kehilangan nuansa rock nroll nya,,yeaaahhh!!!

Secara keseluruhan film yang di garap matanesia ini sangat bagus, dan sangat pantas untuk di bilang sebuah film, salut untuk matanesia, dan Mrs .siti nur aisyiyah selaku lecture nya ,mohon maaf apabila dengan keterbatasan ilmu teori dan praktik  saya memberikan analisa yang salah, karena manusia tempat salah dan dosa.

TERUS BERKARYA MATANESIA, KALIAN BISA MENJADI INFLUENCE TERDEKAT KAMI   DAN SEMOGA BU AIS TETAP SABAR MEMBERIKAN MATERI – MATERI YANG SANGAT PENTING KEPADA KAMI YANG BELUM TAHU BANYAK TENTANG INDUSTRI KREATIV DAN DUNIA PRODUKSI video dsb. AMIN

RANOV SISKA A.K.A NOVE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s